Minggu, 19 Juli 2020

Tips Pemula Saat Investasi Liontin Emas

Investasi Liontin Emas - Bayangkan diri Anda duduk di aliran air yang berputar-putar di wajan, mati-matian berharap bisa melihat kilatan emas kuning kecil dan bermimpi bisa kaya. Amerika telah berjalan jauh sejak awal 1850-an, tetapi emas masih memegang tempat yang menonjol dalam ekonomi global kita saat ini. Inilah pengantar komprehensif untuk emas, dari mengapa itu berharga dan bagaimana kita mendapatkannya hingga bagaimana berinvestasi di dalamnya, risiko dan manfaat dari setiap pendekatan, dan saran tentang di mana pemula harus memulai.

Tips Investasi Liontin Emas


Mengapa emas berharga?
Pada zaman kuno, kelenturan dan kilau emas menyebabkan penggunaannya dalam perhiasan dan koin awal. Sulit juga untuk menggali emas dari tanah - dan semakin sulit sesuatu diperoleh, semakin tinggi nilainya.

Seiring waktu, manusia mulai menggunakan logam mulia sebagai cara untuk memfasilitasi perdagangan dan menumpuk serta menyimpan kekayaan. Bahkan, mata uang kertas awal umumnya didukung oleh emas, dengan setiap tagihan tercetak sesuai dengan jumlah emas yang disimpan di lemari besi di suatu tempat di mana ia dapat, secara teknis, dipertukarkan (ini jarang terjadi). Pendekatan terhadap uang kertas ini bertahan hingga abad ke-20. Saat ini, mata uang modern sebagian besar adalah mata uang kertas, sehingga hubungan antara emas dan uang kertas telah lama terputus. Namun, orang masih menyukai logam kuning.

Dari mana datangnya permintaan emas?
Industri permintaan terbesar sejauh ini adalah perhiasan, yang menyumbang sekitar 50% dari permintaan emas. 40% lainnya berasal dari investasi fisik langsung dalam emas, termasuk yang digunakan untuk membuat koin, emas, medali, dan emas batangan. (Bullion adalah batangan emas atau koin yang dicap dengan jumlah emas yang dikandungnya dan kemurnian emas. Ini berbeda dengan koin numismatik, koleksi yang berdagang berdasarkan permintaan untuk jenis koin tertentu dan bukan kandungan emasnya.)

Investor dalam emas fisik termasuk individu, bank sentral, dan, baru-baru ini, dana yang diperdagangkan di bursa yang membeli emas atas nama orang lain. Emas sering dipandang sebagai investasi "safe-haven". Jika uang kertas tiba-tiba menjadi tidak berharga, dunia harus jatuh kembali pada sesuatu yang bernilai untuk memfasilitasi perdagangan. Ini adalah salah satu alasan mengapa investor cenderung mendorong harga emas ketika pasar keuangan bergejolak.

Karena emas adalah penghantar listrik yang baik, permintaan emas yang tersisa berasal dari industri, untuk digunakan dalam hal-hal seperti kedokteran gigi, pelindung panas, dan gadget teknologi.

Bagaimana harga emas ditentukan?
Emas adalah komoditas yang diperdagangkan berdasarkan penawaran dan permintaan. Interaksi antara penawaran dan permintaan pada akhirnya menentukan berapa harga spot emas pada waktu tertentu.

Permintaan perhiasan cukup konstan, meskipun penurunan ekonomi, jelas, menyebabkan beberapa penurunan sementara dalam permintaan dari industri ini. Namun, permintaan dari investor, termasuk bank sentral, cenderung berbanding terbalik dengan sentimen ekonomi dan investor. Ketika investor khawatir tentang ekonomi, mereka sering membeli emas, dan berdasarkan peningkatan permintaan, mendorong harganya lebih tinggi. Anda dapat melacak naik turunnya emas di situs web World Gold Council, sebuah kelompok perdagangan industri yang didukung oleh beberapa penambang emas terbesar di dunia.

Berapa banyak emas di sana?
Emas sebenarnya cukup banyak di alam tetapi sulit untuk diekstraksi. Sebagai contoh, air laut mengandung emas - tetapi dalam jumlah kecil seperti itu akan lebih mahal untuk diekstraksi daripada emas. Jadi ada perbedaan besar antara ketersediaan emas dan berapa banyak emas yang ada di dunia. World Gold Council memperkirakan bahwa ada sekitar 190.000 metrik ton emas di atas tanah yang digunakan saat ini dan sekitar 54.000 metrik ton emas yang dapat diekstraksi secara ekonomi dari Bumi menggunakan teknologi saat ini. Kemajuan dalam metode ekstraksi atau harga emas yang lebih tinggi secara material dapat menggeser angka itu. Emas telah ditemukan di dekat ventilasi termal bawah laut dalam jumlah yang menunjukkan bahwa mungkin layak untuk diekstraksi jika harga naik cukup tinggi.

Seseorang yang mengenakan rompi reflektif kuning dan sarung tangan kerja, memegang batu yang mengandung emas
SUMBER GAMBAR: GETTY GAMBAR.

Bagaimana cara kita mendapatkan emas?
Meskipun mendulang emas adalah praktik umum selama California Gold Rush, saat ini ditambang dari tanah. Sementara emas dapat ditemukan dengan sendirinya, jauh lebih umum ditemukan bersama dengan logam lain, termasuk perak dan tembaga. Dengan demikian, seorang penambang dapat benar-benar menghasilkan emas sebagai produk sampingan dari upaya penambangan lainnya.

Penambang mulai dengan menemukan tempat di mana mereka percaya emas terletak dalam jumlah yang cukup besar sehingga dapat diperoleh secara ekonomis. Kemudian pemerintah dan lembaga setempat harus memberikan izin kepada perusahaan untuk membangun dan mengoperasikan tambang. Mengembangkan tambang adalah proses yang berbahaya, mahal, dan menghabiskan waktu dengan sedikit atau bahkan tanpa pengembalian ekonomi sampai tambang akhirnya beroperasi - yang seringkali membutuhkan satu dekade atau lebih dari awal hingga selesai.

Seberapa baik emas mempertahankan nilainya dalam penurunan?
Jawabannya sebagian tergantung pada bagaimana Anda berinvestasi dalam emas, tetapi pandangan cepat pada harga emas relatif terhadap harga saham selama pasar beruang dari resesi 2007-2009 memberikan contoh yang jelas.

Antara 30 November 2007, dan 1 Juni 2009, indeks S&P 500 turun 36%. Harga emas, di sisi lain, naik 25%. Ini adalah contoh terbaru dari penurunan yang berkepanjangan dan material, tetapi juga sangat dramatis karena, pada saat itu, ada kekhawatiran yang sangat nyata tentang kelayakan sistem keuangan global.

Ketika pasar modal berada dalam kekacauan, emas seringkali berkinerja relatif baik karena investor mencari investasi safe-haven.

Cara berinvestasi dalam emas
Berikut ini semua cara Anda dapat berinvestasi dalam emas, dari memiliki logam yang sebenarnya hingga berinvestasi di perusahaan yang mendanai penambang emas.

Perhiasan
Markup di industri perhiasan membuat ini pilihan yang buruk untuk berinvestasi dalam emas. Setelah Anda membelinya, nilai jualnya kemungkinan akan turun secara material. Ini juga mengasumsikan Anda berbicara tentang perhiasan emas setidaknya 10 karat. (Emas murni 24 karat.) Perhiasan yang sangat mahal mungkin memiliki nilainya, tetapi lebih karena itu adalah barang kolektor daripada karena kandungan emasnya.

Emas batangan, batangan, dan koin
Ini adalah pilihan terbaik untuk memiliki emas fisik. Namun, ada markup yang perlu dipertimbangkan. Uang yang dibutuhkan untuk mengubah emas mentah menjadi koin sering diteruskan ke konsumen akhir. Juga, sebagian besar pedagang koin akan menambahkan markup ke harga mereka untuk mengkompensasi mereka karena bertindak sebagai perantara. Mungkin opsi terbaik bagi sebagian besar investor yang ingin memiliki emas fisik adalah dengan membeli emas batangan langsung dari AS A.S, sehingga Anda tahu Anda berurusan dengan dealer yang memiliki reputasi baik.

Maka Anda harus menyimpan emas yang telah Anda beli. Itu bisa berarti menyewa brankas di bank lokal, tempat Anda bisa membayar biaya penyimpanan yang berkelanjutan. Penjualan, sementara itu, bisa sulit karena Anda harus membawa emas Anda ke dealer, yang mungkin menawarkan Anda harga yang di bawah harga spot saat ini.

Sertifikat emas
Cara lain untuk mendapatkan eksposur langsung ke emas tanpa secara fisik memilikinya, sertifikat emas adalah catatan yang dikeluarkan oleh perusahaan yang memiliki emas. Catatan ini biasanya untuk emas yang tidak terisi, artinya tidak ada emas khusus yang terkait dengan sertifikat, tetapi perusahaan mengatakan sudah cukup untuk mendukung semua sertifikat yang beredar. Anda dapat membeli sertifikat emas yang dialokasikan, tetapi biayanya lebih tinggi. Masalah besar di sini adalah bahwa sertifikat benar-benar hanya sebagus perusahaan yang mendukungnya, seperti bank sebelum asuransi FDIC dibuat. Inilah sebabnya mengapa salah satu opsi yang paling diinginkan untuk sertifikat emas adalah Perth Mint, yang didukung oleh pemerintah Australia Barat. Yang mengatakan, jika Anda hanya akan membeli representasi kertas emas, Anda mungkin ingin mempertimbangkan dana yang diperdagangkan di bursa sebagai gantinya.

Dana yang diperdagangkan di bursa
Jika Anda tidak terlalu peduli tentang memegang emas yang Anda miliki tetapi menginginkan paparan langsung terhadap logam, maka dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) seperti Saham Emas SPDR mungkin adalah cara yang harus dilakukan. Dana ini secara langsung membeli emas atas nama pemegang sahamnya. Anda mungkin harus membayar komisi untuk memperdagangkan ETF, dan akan ada biaya manajemen (rasio pengeluaran SPDR Gold Share adalah 0,40%), tetapi Anda akan mendapat manfaat dari aset likuid yang berinvestasi langsung dalam koin emas, emas, dan bar.

Kontrak berjangka
Cara lain untuk memiliki emas secara tidak langsung, kontrak berjangka adalah pilihan yang sangat menguntungkan dan berisiko yang tidak sesuai untuk pemula. Bahkan investor berpengalaman harus berpikir dua kali di sini. Pada dasarnya, kontrak berjangka adalah perjanjian antara pembeli dan penjual untuk menukar jumlah emas tertentu pada tanggal dan harga yang akan datang. Ketika harga emas bergerak naik dan turun, nilai kontrak berfluktuasi, dengan akun penjual dan pembeli disesuaikan. Kontrak berjangka umumnya diperdagangkan di bursa, jadi Anda harus berbicara dengan broker Anda untuk melihat apakah itu mendukung mereka.

Masalah terbesar: Kontrak berjangka biasanya dibeli dengan hanya sebagian kecil dari total biaya kontrak. Sebagai contoh, seorang investor mungkin hanya harus meletakkan 20% dari biaya penuh emas yang dikendalikan oleh kontrak. Ini menciptakan daya ungkit, yang meningkatkan potensi keuntungan dan kerugian investor. Dan karena kontrak memiliki tanggal akhir yang spesifik, Anda tidak bisa hanya berpegang pada posisi yang kalah dan berharap itu melambung. Kontrak berjangka adalah investasi yang kompleks dan memakan waktu yang secara material dapat memperbesar keuntungan dan kerugian. Meskipun mereka merupakan pilihan, mereka berisiko tinggi dan tidak direkomendasikan untuk pemula.

Stok penambangan emas
Salah satu masalah utama dengan investasi langsung dalam emas adalah bahwa tidak ada potensi pertumbuhan. Satu ons emas hari ini akan sama dengan ons emas 100 tahun dari sekarang. Itulah salah satu alasan utama investor terkenal Warren Buffett tidak menyukai emas - itu, pada dasarnya, merupakan aset yang tidak produktif.

Inilah sebabnya mengapa beberapa investor beralih ke saham pertambangan. Harga mereka cenderung mengikuti harga komoditas yang menjadi fokus mereka; namun, karena penambang menjalankan bisnis yang dapat berkembang seiring waktu, investor dapat memperoleh manfaat dari peningkatan produksi. Ini dapat memberikan terbalik yang memiliki emas fisik tidak akan pernah.

Namun, menjalankan bisnis juga disertai dengan risiko yang menyertainya. Tambang tidak selalu menghasilkan emas sebanyak yang diharapkan, pekerja kadang mogok, dan bencana seperti tambang runtuh atau kebocoran gas yang mematikan dapat menghentikan produksi dan bahkan menelan korban jiwa. Secara keseluruhan, penambang emas dapat berkinerja lebih baik atau lebih buruk daripada emas - tergantung pada apa yang terjadi pada penambang itu.

Selain itu, sebagian besar penambang emas menghasilkan lebih dari sekadar emas. Itulah fungsi cara emas ditemukan di alam, serta keputusan diversifikasi dari pihak manajemen perusahaan pertambangan. Jika Anda mencari investasi yang terdiversifikasi dalam logam mulia dan semi, maka penambang yang menghasilkan lebih dari sekadar emas dapat dilihat sebagai positif bersih. Namun, jika yang benar-benar Anda inginkan adalah eksposur emas murni, setiap ons logam berbeda yang ditarik seorang penambang dari tanah hanya akan melemahkan eksposur emas Anda.

Calon investor harus memperhatikan dengan cermat biaya penambangan perusahaan, portofolio tambang yang ada, dan peluang ekspansi baik pada aset yang sudah ada maupun yang baru ketika memutuskan untuk membeli saham penambangan emas mana.

ETF yang berfokus pada pertambangan
Jika Anda mencari investasi tunggal yang memberikan eksposur yang terdiversifikasi luas ke penambang emas, maka ETF berbasis indeks berbiaya rendah seperti Vektor VanEck, Penambang Emas, ETF, dan Vektor VanEck, Penambang Emas Junior, Penambang Emas, ETF adalah pilihan yang baik. Keduanya juga memiliki paparan logam lain, tetapi yang terakhir berfokus pada penambang yang lebih kecil; rasio pengeluaran masing-masing adalah 0,53% dan 0,54%.

Saat Anda meneliti ETF emas, perhatikan dengan teliti pada indeks yang dilacak, memberikan perhatian khusus pada bagaimana itu dibangun, pendekatan pembobotan, dan kapan dan bagaimana itu diseimbangkan kembali. Semua informasi penting yang mudah diabaikan ketika Anda berasumsi bahwa nama ETF sederhana akan diterjemahkan menjadi pendekatan investasi sederhana.

Reksa dana
Investor yang lebih menyukai gagasan memiliki saham pertambangan daripada paparan emas langsung dapat secara efektif memiliki portofolio penambang dengan berinvestasi dalam reksa dana. Ini menghemat kerja keras meneliti berbagai opsi penambangan dan merupakan cara sederhana untuk membuat portofolio saham pertambangan yang terdiversifikasi dengan investasi tunggal. Ada banyak opsi di sini, dengan sebagian besar rumah reksa dana besar menawarkan dana terbuka yang berinvestasi pada penambang emas, seperti Portofolio Emas Pilih Fidelity dan Vanguard Precious Metals Fund.

Namun, seperti tersirat dari nama dana Vanguard, Anda kemungkinan besar akan menemukan portofolio dana berisi paparan terhadap para penambang yang berurusan dengan logam mulia, semimulia, dan logam dasar selain emas. Itu tidak berbeda secara material dari memiliki saham pertambangan secara langsung, tetapi Anda harus mengingat faktor ini, karena tidak semua nama dana menjelaskannya. (Misalnya, Portofolio Emas Pilih Fidelity juga berinvestasi di perusahaan yang menambang perak dan logam mulia lainnya.)

Biaya untuk dana yang dikelola secara aktif, sementara itu, dapat secara material lebih tinggi daripada produk berbasis indeks. Anda akan ingin membaca prospektus dana untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik pada pendekatan investasinya, apakah dikelola secara aktif atau dana indeks pasif, dan struktur biayanya. Perhatikan bahwa rasio pengeluaran dapat sangat bervariasi antar dana.

Juga, ketika Anda membeli saham dari reksa dana yang dikelola secara aktif, Anda percaya bahwa manajer dana dapat berinvestasi secara menguntungkan atas nama Anda. Itu tidak selalu berhasil sesuai rencana.

Perusahaan streaming dan royalti
Bagi kebanyakan investor, membeli saham di perusahaan streaming dan royalti mungkin merupakan pilihan terbaik untuk berinvestasi dalam emas. Perusahaan-perusahaan ini memberi para penambang uang tunai di muka untuk hak membeli emas dan logam lain dari tambang-tambang tertentu dengan tarif yang lebih rendah di masa depan. Mereka seperti perusahaan keuangan khusus yang dibayar dalam emas, memungkinkan mereka untuk menghindari banyak sakit kepala dan risiko yang terkait dengan menjalankan tambang.

Keuntungan dari perusahaan-perusahaan tersebut termasuk portofolio yang terdiversifikasi secara luas, harga rendah yang dibangun secara kontrak yang mengarah pada margin yang lebar di tahun-tahun yang baik dan buruk, dan paparan terhadap perubahan harga emas (karena perusahaan streaming menghasilkan uang dengan menjual emas yang mereka beli dari para penambang). Yang mengatakan, tidak ada perusahaan streaming besar yang memiliki portofolio emas murni, dengan perak paparan tambahan yang paling umum. (Franco-Nevada, perusahaan streaming dan royalti terbesar, juga memiliki paparan pengeboran minyak dan gas.) Jadi, Anda perlu melakukan sedikit pekerjaan rumah untuk sepenuhnya memahami paparan komoditas apa yang akan Anda dapatkan dari investasi Anda. Dan sementara perusahaan streaming menghindari banyak risiko menjalankan tambang, mereka tidak sepenuhnya menghindarinya: Jika tambang tidak menghasilkan emas, tidak ada yang bisa dibeli oleh perusahaan streaming.

Margin lebar bawaan yang dihasilkan dari pendekatan streaming memberikan buffer penting untuk bisnis ini. Itu telah memungkinkan profitabilitas streamer bertahan lebih baik daripada penambang ketika harga emas jatuh. Ini adalah faktor kunci yang memberi perusahaan streaming keunggulan sebagai investasi. Mereka memberikan eksposur ke emas, mereka menawarkan potensi pertumbuhan melalui investasi di tambang baru, dan margin lebar mereka melalui siklus menyediakan beberapa perlindungan downside ketika harga emas jatuh. Kombinasi itu sulit dikalahkan.

Apa cara terbaik bagi pemula untuk berinvestasi dalam emas?
Tidak ada cara sempurna untuk memiliki emas: Setiap opsi dilengkapi dengan kompromi. Yang mengatakan, mungkin strategi terbaik bagi kebanyakan orang adalah membeli saham di perusahaan streaming dan royalti. Namun, apa yang diinvestasikan hanyalah satu bagian dari teka-teki: Ada faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan.

Berapa banyak yang harus Anda investasikan dalam emas?
Emas bisa menjadi investasi yang fluktuatif, jadi Anda tidak boleh memasukkan sejumlah besar aset Anda ke dalamnya - yang terbaik adalah menyimpannya kurang dari 10% dari keseluruhan portofolio saham Anda. Manfaat nyata, bagi investor baru dan berpengalaman, berasal dari diversifikasi yang dapat ditawarkan emas. Setelah Anda membangun posisi emas Anda, pastikan untuk menyeimbangkan portofolio Anda secara berkala sehingga paparan relatif Anda terhadapnya tetap sama.

Kapan sebaiknya Anda membeli emas?
Cara terbaik untuk membeli jumlah kecil dari waktu ke waktu. Ketika harga emas tinggi, harga saham terkait emas juga naik. Itu bisa berarti pengembalian yang kurang bagus dalam waktu dekat, tetapi itu tidak mengurangi manfaat dalam jangka panjang dari memegang emas untuk mendiversifikasi portofolio Anda. Dengan membeli sedikit demi sedikit, Anda dapat biaya rata-rata dolar ke posisi tersebut.

Seperti halnya investasi apa pun, tidak ada jawaban satu ukuran untuk semua tentang bagaimana Anda harus berinvestasi dalam emas. Tetapi dengan berbekal pengetahuan tentang bagaimana industri emas bekerja, apa yang dibutuhkan oleh masing-masing jenis investasi, dan apa yang harus dipertimbangkan ketika menimbang pilihan Anda, Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk Anda.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar